Tahukah Anda Asal Usul Celana Jeans?

Bagaimanakah asal usul kantong celana jeans? Celana jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia pada tahun 1560 silam.Celana jeans inilah yang biasa digunakan oleh para angkatan laut.Celana ini sering disebut oleh orang Perancis dengan sebutan bleu de GĂ©nes, yang berarti berwarna biru dari Genoa. Walaupun celana jeans ini pertama kali diproduksi dan digunakan di Eropa, akan tetapi sebagai fashion, jeans baru bisa dipopulerkan di Amerika Serikat oleh Levi Strauss, yang merupakan seorang pria, yang sedang mencoba untuk mencari nasib baik ke San Francisco sebagai pedagang pakaian. Dan pada saat itu sendiri, Amerika Serikat sedang dilanda demam emas.


Namun sesampainya di California, semua barangnya itu sudah terjual habis, kecuali sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Kain inilah yang ia potong dan dibuat menjadi beberapa helai celana dan dijual kepada para pekerja tambang emas tersebut. Dan rupanya, para pekerja tersebut sangat menyukai celana buatannya itu karena lebih tahan lama dan tidak mudah robek. Lalu Strauss pun menyempurnakan celana jeans hasil karyanya tersebut dengan memesan bahan dari Genoa yang disebut dengan Genes, yang oleh Strauss namanya diubah menjadi Blue Jeans.

Dan pada akhirnya, karena para pekerja tersebut sangat menyukai jeans buatannya ini, mereka pun bersama-sama menobatkan celana ini sebagai celana resmi mereka. Para penambang emas itupun menyebut celana buatan Strauss itu dengan sebutan those pants of Levi`s atau yang berarti celana si Levi. Sebutan ini jugalah yang mengawali merk dagang celana jeans pertama di dunia.

Lalu seiring dengan perkembangan jaman, naluri bisnis Strauss yang tajam itupun membuat dirinya mengajak para pengusaha sukses Jakob Davis untuk bekerja sama dengannya, dan pada tahun 1880 kerja sama itu telah melahirkan pabrik celana jeans pertama di dunia. Produk desain mereka yang pertama kali diluncurkan adalah Levi’s 501. Produk desain pertama yang dibuat tersebut memang dikhususkan bagi para pekerja di tambang emas. Celana ini mempunyai lima kantong, 2 saku di bagian belakang dan 2 saku di depan, sementara 1 saku kecil lagi ada di dalam saku depan sebelah kanan.

source

0 Response to "Tahukah Anda Asal Usul Celana Jeans? "

Posting Komentar