Mengenal Sosok Pocong

Dari bebrapa hantu yang khas Indonesia, pocong bisa dibilang yang paling ikonik. Hantu khas Indonesia ini sebenarnya mengikuti budaya muslim, namun penganut agama yang lain pun mengakuinya sebagai salah satu sosok memedi paling menakutkan yang menjadi legenda terutama di tanah Jawa dan Sumatra.
Walaupun penggambaran sosok memedi satu ini berbeda-beda di satu tempat dan tempat lain, namun memiliki satu wujud yang umum atau sama yaitu mayat yang bangkit dari kubur dan masih mengenakan kain pocong yang terikat. Ada yang bilang pocong memiliki wajah kehijauan dengan mata kosong, ada yang bilang wajahnya rata dengan lubang mata berongga, ada juga yang bilang matanya tertutup kapas dan wajahnya putih pucat. Konon memedi ini muncul karena protes ikatan kain kafannya belum dibuka sebelum kuburnya ditutup.
Menurut wikipedia, yang agak salah kaprah adalah penggambaran pocong yang melompat-lompat. Kebanyakan mitos tentang pocong mengatakan kalau memedi ini sebenarnya melayang tanpa menyentuh tanah, bukan meloncat. Kesalahan ini diakibatkan oleh film tentang pocong yang muncul di tanah air, karena sang pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya, dia harus berjalan meloncat-loncat. Di masyarakat, justru pocong yang meloncat-loncat ini yang banyak dikenal.

0 Response to "Mengenal Sosok Pocong"

Posting Komentar